28 February 2017

KESIMPULAN ALAT-ALAT LABORATORIUM

PENUTUP
  5.1 Kesimpulan
 1. Terdapat 2 jenis peralatan, yakni peralatan gelas dan peralatan non gelas. Peralatan gelas terdidiri dari gelas piala,erlemeyer,labu ukur,petridish,gelas ukur,kaca arloji,tabung reaksi, cawan penguap,mortal dan alu,krush,pipet tetes,pipet volum,pipet gondok,batang pengaduk,desikator,buret,dan lampu spiritus. Sedangkan peralatan non gelas terdiri dari sudip,corong pisah,corong,rak tabung reaksi,penjept tabung reaksi,statif dan klem,sikat tabung reksi,segitiga,bola isap,botol semprot,kawat kasa,klem utilitas,oven,tanur,hot plate, dan timbangan analitis. Alat-alat tersebut mempunyai fungsi masing-masing dan ada beberapa juga yang fungsinya juga sama.
 2. Tetrdapat beberapa jenis zat yang diketahui setelah praktikum,seperti pelarut organik, limbah kimia ,asam-asam ,benzena ,toluen, basa kuat,fenol,metanol tnt,Cl2,Hg,H2SO4,HNO3,H2O2,dan lain-lain. Zat-zat tersebut ada yang memiliki sifat mudah terbakar,mudah meledak,iritasi kulit,racun,pencemar,korosif,hidrasi, dan juga mengganggu saluran pernapasan. Dari sifat tersebut maka dapat bkita ketahui akibat yang disebabkannya yang sangat berbahaya, seperti mengakibatkan kanker,membakar kulit,kebutaan,kebakaran, merusak lingkungan dan sebagainya.
Bahaya dari zat-zat tersebut dapat kita ketahui dengan melihat lamabang yang tertera pada botol/tempat penyimpanan zat terssebut, seperti lambang E,F,F+,O,T,T+C,XI,Xn.
 3.  Inti dari tata cara penggunaan alat-alat laboratorium ialah membersihkannya terlebih dahulu membersihkannya terlebih dahulu, dan menggunakannya sesuai prosedur kerjanya

5.2 Saran
    Ikutilah prosedur prkatikum yang dianjurkan,supaya dalam pelaksanaannya praktikan merasa nyaman,aman,tanpa ada rasa khawatir akan resiko kecelakaan dan juga akan memberikan hasil yang tepat dan benar.


DAFTAR PUSTAKA

Chang,Raymond.2005. Kimia Dasar. Jakarta : Erlangga

Moningka.2008.Kimia Fisika. Jakarta : Rineka Cipta

Pedjiadi.1984.Dasar-dasar Biokimia. Jakarta : UI Press

Roeswati.2004.Tangkas Kimia. Surabaya : Kartika

Underwood.1998. Kimia Analisis Kuantitatif.  Jakarta : Erlangga



No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot