28 February 2017

Praktikum Kimia PENGENALAN ALAT-ALAT LABORATORIUM

BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
   Alat adalah benda yang digunakan  untuk mengerjakan sesuatu,perabot, perkakas, yang digunakan untuk mencapai tujuan (kamus besar bahasa indonesia,2005,hal : 30). Hal yang harus diperhatikan adaalah kebersihan dari alat yang digunakan. Kebersihan dari alat dapat mempengaruhi hasil praktikum.apabila alat yang digunakan tersebut tidak bersih, maka akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Contohnya jika pada alat tersebut masih terdapat zat kimia, maka zat tersebut dapat saja bereaksi dengan zat yang kita gunakan sesudahnya dan dapat mengakibatkan kegagalan dalam praktikum.
    Laboratorium merupakan tempat bagi praktikan maupun peneliti untuk melakukan percobaan.melakukan praktikum dilaboratorium tidak lepas dari penggunaan zat-zat yang beraneka ragam ,baik berbahaya maupun yang aman bagi tubuh manusia.untuk itulah alat-alat laboratorium diperlukan, selain mempermudah percobaan juga mendukung keselamatan praktikan ketika melakukan percobaan. Namun praktikan tentu saja tidak dapat  langsung mengggunakan alat-alat laboratorium tanpa mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk itu,karena masing-masing alat-alat laboratorium memiliki prosedur tersendiri dalam penggunaannya.
     Kesalahan dalam penggunaan alat dan bahan dapat menimbulkan hasil yang didapat tidak akurat dalam ilmu statistika kesalahan seperti ini digolongkan dalam galat pasti. Oleh karena itu, pemahaman fungsi dan cara kerja peralatan serta bahan harus mutlak dikuasai oleh pratikan sebelum melakukan praktikum di laboratorium kimia. Bukan hal yang mustahil bila terjadi kecelakaan didalam laboratorium karena kesalahan dalam pemakaian dan penggunaan alat-alat dan bahan yang dilakukan dalam suatu praktikum yang dilakukan dalam suatu praktikum yang berhubungan dengan bahan kimia berbahaya, disamping itu, pemilihan jenis alat yang digunakan dalam penelitian disesuaikan dengan tujuan penelitian.


1.2  Tujuan
 1.2.1 Mengetahui nama dan fungsi alat-alat laboratorium
       1.2.2 Untuk mengetahui jenis,sifat dan fungsi zat kimia
 1.2.3 Untuk mengetahui cara penggunaan beberapa alat-alat praktikum

No comments:

Post Top Ad

Your Ad Spot